Struktur Paralel Menggunakan Conjunction

Author : UnknownTidak ada komentar

Salah satu dari fungsi conjunction adalah untuk menghubungkan kata-kata atau frase-frase yang memiliki fungsi sama dalam tata bahasa dalam sebuah kalimat. Fungsi ini disebut "parallel structure". Conjunctionsyang digunakan dalam rumus ini adalah: "and, but, or, nor".

CATATAN:
Secara rinci, untuk conjunction: and, but, or, nor merupakan "coordinating conjunctions".

Untuk menyusun parallel structure, silahkan perhatikan rumus-rumus dan contoh kalimat di bawah ini:

1.   Noun  + and  + noun
John and his friend are coming to dinner.

2.   Verb  +  and  +  verb
Sabrina raised her hand and snapped her fingers.
He is waving his arms and (is) shouting at us.

(CATATAN: Karena setelah conjunction: and, terdapat to be yang sama, yakni “is”. Maka to be “is” tersebut boleh dihilangkan/ tidak digunakan).

3.   Adjective  +  but +  adjective
These shoes are old but comfortable.

4.   Infinitive  +  or  +  infinitive
She wants to watch TV or (to) listen to some music.

(CATATAN: “to” yang kedua dari infinitive boleh dihilangkan/ tidak digunakan).

Satu struktur paralel (parallel structure) bisa berisi lebih dari dua bagian. Dalam satu rangkaiannya, tanda baca koma digunakan untuk memisahkan masing-masing unit. Tanda baca koma yang terakhir (sebelum conjunction) boleh digunakan boleh juga tidak. Tetapi tanda baca koma tidak digunakan jika hanya ada 2 unit dalam satu struktur paralel. Silahkan perhatikan contoh kalimat di bawah ini;

Steve, Mark, and Bentare coming to dinner.
Luna raised her hand, snapped her fingers, andaskeda question.
The colors in that fabric are red, gold, black, andblue.

Semoga artikel ini bisa dipahami dan membantu untuk belajar bahasa inggris, jika bermanfaat mohon di share. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam pengetikan. Dan untuk segala jenis pertanyaan, saran, dan kritik bisa dicantumkan pada kolom komentar. Terima kasih.

Posted On : Selasa, 03 Desember 2013Time : 06.55
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : E-Learning | |